Enter your keyword

Kuliah Umum Adhiwijogo Lecture Series – Dr. Hamid Montazeri

Kuliah Umum Adhiwijogo Lecture Series – Dr. Hamid Montazeri

Pada hari Rabu, 25 Juli 2018, Kelompok Keahlian Teknik Fisika – FTI ITB menyelenggarakan kuliah umum Adhiwijogo Lecture Series dengan tema “Computational Fluid Dynamics (CFD) for Building and Urban Physics”. Bertempat di Ruang Rapat Program Studi Teknik Fisika – Gedung T.P. Rachmat lantai 2, kuliah ini menghadirkan Dr. Hamid Montazeri dari Technische Universiteit Eindhoven, Belanda dan Katholieke Universiteit Leuven, Belgia.

Dr. Montazeri saat ini menduduki posisi sebagai assistant professor pada grup Building and Urban Physics, Unit Building Physics and Services, Department of the Built Environment, TU Eindhoven, serta fellow FWO pada Building Physics Section, KU Leuven. Beliau adalah pakar dalam bidang simulasi CFD, khususnya dalam aplikasi di sekitar bangunan dan lingkungan perkotaan.

Dalam kuliahnya, Dr. Montazeri menyampaikan gambaran umum tentang berbagai aktivitas, fasilitas, serta penelitian yang sedang berlangsung pada grup Building and Urban Physics TU Eindhoven, serta beragam contoh aplikasi dari CFD untuk memprediksi kinerja dan kenyamanan termal serta aliran udara pada lingkungan binaan. Setelah menyampaikan materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi dari peserta yang berjumlah sekitar 35 orang, yang umumnya terdiri dari mahasiswa, dosen, dan peneliti dari berbagai program studi baik di ITB maupun di luar ITB.

Kuliah umum ini ditutup dengan penyampaian suvenir terima kasih dari ITB, diwakili oleh Dr. Rizki Armanto (staf pengajar Program Studi Teknik Fisika, KK Teknik Fisika) dan Dr. Iwan Prasetiyo (Kepala Laboratorium Fisika Bangunan dan Akustik, KK Teknik Fisika) kepada Dr. Montazeri, serta diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta.